Tips Asyik dan Nyaman Bersepeda

Posted: 5 Oktober 2013 in Sepeda
Tag:, , , ,

Bersepeda adalah cara yang baik untuk berolahraga. kalian perlu mencobanya. Tapi, bila tidak dilakukan dengan tepat bisa menyebabkan ketidaknyamanan bersepeda. Dan itu dapat meningkatkan risiko sakit dan cedera. ”Kebanyakan, sepeda yang bentuknya tidak layak untuk dipakai merupakan akar permasalahan para pengguna sepeda yang mengeluh sakit setelah bersepeda,” papar Erick Moen, anggota Asosiasi Terapi Fisik Amerika yang juga pengguna dan pelatih sepeda.

Tinggi sadel sepeda yang tidak memadai, jarak pegangan stang sepeda, dan juga kondisi pedal dan sepatu yang digunakan, merupakan permasalahan umum dalam bersepeda. Karena itu, kalian jangan asal memodifikasi sepeda kalian tanpa bantuan ahli yang mengerti ilmu ergonomi.

Beberapa tips untuk orang bersepeda:

- Yakinkan bahwa tinggi sadel dan jarak stang sesuai dengan tubuh kalian.

- Pastikan palang kendali pada posisi tepat, karena berpengaruh pada tangan, bahu, leher, dan tulang belakang. Posisi palang kendali yang tepat dapat membuat bahu membentuk sudut selebar 90 derajat antara tulang bagian atas lengan dan tubuh.

- Sudut antara lutut pengendara sepeda dan pedal harus sesuai untuk mengurangi risiko cedera lutut.

- Siklus kayuhan seharusnya membentuk sudut 35-45 derajat.

- Sudut antara kaki ke pedal juga penting. Telapak kaki bagian ujung dekat jari (ball of foot) harus pada posisi melebihi pedal supaya kayuhan bagus, nyaman, dan efisien. Sol sepatu yang kuat juga menambah kenyamanan dan meningkatkan kualitas kayuhan.

- Saat pengendara jatuh atau mengalami kecelakaan, harus dilakukan pengecekan pada stang sepeda, sadel, kap rem, dan bagian sepeda lainnya.

- Pengendara harus melakukan kayuhan 80-90 per menitnya, untuk tingkat mahir kayuhan mencapai 90-105 per menitnya. Kayuhan dengan kecepatan ini bisa menghindarkan kalian dari cedera. Sepeda yang dilengkapi dengan layar petunjuk putaran, sadel yang bisa dilepas, dan ban yang agak lebar bisa meningkatkan kenyamanan bersepeda.

sumber republikaonline

About these ads

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s