Tips Memberi Pelumas Sepeda

Posted: 5 Februari 2012 in Sepeda
Tag:, , , , ,

Ketika memberi pelumas pada sepeda, tentu yang dilumasi adalah bagian bagian yang bergerak.  Gunakan pelumas khusus sepeda, bukan oli bekas yang ada digarasai. Pelumas yang terlalu tipis akan menghilang dengan cepat dan tidak tahan, minyak yang terlalu tebal akan mengotori dan menempel banyak kotoran.

Secara khusus, fokus pada tempat ini dikutip dari about.com:

Rantai: rantai Anda adalah bagian utama bergerak sepeda Anda dan salah satu yang paling membutuhkan pelumasan. Jika Anda naik dalam kondisi berdebu atau berlumpur, Anda harus membersihkan rantai Anda secara teratur.

Derailleur majelis: derailleur depan Anda dan derailleur belakang adalah apa yang menggerakkan rantai antara roda gigi ketika Anda bergeser. Rakitan ini terdiri dari beberapa bagian kecil yang bergerak, termasuk dua roda katrol kecil. Anda ingin menjaga bersih dan lubed sehingga mereka tidak mengikat atau menjadi kaku. Menggeser roda gigi saat Anda memutar pedal sehingga Anda dapat melihat bagaimana derailleurs beroperasi, dan kemudian menerapkan pelumas untuk bagian yang bergerak, termasuk titik-titik poros majelis.

Rem dan derailleur kabel: Kabel ini mengontrol pengoperasian rem Anda dan memungkinkan Anda untuk pindah gigi. Jika mereka berkarat atau kurangnya lubrikasi, Anda tidak akan dapat berhenti dengan baik atau mengubah gigi dengan lancar, jika sama sekali.  Sering sering diperiksa, terutama jika bersepeda dalam kondisi berdebu atau basah, dan kembali melumasi jika diperlukan.

Rem dan tuas shifter: Terletak di setang Anda, ini sangat penting untuk tuas rem dan mengubah gigi. Teteskan satu atau dua tetes minyak ke poin bergerak dari tuas dan adjuster barel untuk menjaga mereka berfungsi dengan baik. Kemudian menghapus setiap kelebihan minyak agar debu tidak menempel.

Rem majelis: di majelis rem (dipasang pada frame Anda di depan dan roda belakang) berilah beberapa tetes minyak pada bagian yang bergerak yang Anda lihat. Jika Anda memiliki kesulitan mengenali titik-titik poros, Anda dapat menekan tuas rem, mengawasi dengan cermat dan melihat di mana mereka bergerak. Mana saja bagian-bagian logam bergerak melawan satu sama lain adalah tempat yang baik untuk dilumasi. Berhati-hatilah agar minyak tidak menetes pada bantalan rem. Itu akan membuat sepeda lebih sulit untuk berhenti dengan cepat.

Pedal: Masukan beberapa tetes minyak pada bagian pedal sepeda. Sekali lagi, fokus untuk mendapatkan minyak pada bagian bergerak yang berputar di sekitar poros.

Demikian tips sederhana tentang memeri pelumas pada sepeda. Semoga bermanfaat

Komentar ditutup.