Sepeda pertama di buat sekitar tahu 1790 oleh Comte Mede de Sivrag di Perancis diberi nama celerifere, terbuat dari kayu tanpa pedan dan kemudi. Tambahan mekanik dengan menggunakan kemudi diciptakan tahun 1816 oleh Baron Jerman bernama Karl von Drais de Sauerbrun, dia menamakan draisienne

Sepeda dijalankan dengan menggunakan kaki seperti skuter. Drais dipamerkan tahu 1818 penggunaannya terbatas pada jalan yang rata, jalur kebun dan taman.

Pedal

Sejarawan mencatat penemu pedal adalah Kirkpatrick MacMillan, pandai besi Skotlandia yang hidup antara tahu 1812-1878. Tahun 1839 MacMillan sedang melihat orang mengendarai sepeda dengan menggunakan kaki untuk mendorongnya. Dan menurut dia harus ada cara yang lebih baik.

Setelah merenung masalah tersebut MacMillan mendapatkan ide pertama kali pedal dipakai untuk mengendarai sepeda. Dengan keahlian pandai besinya, dia mewujudkan idenya dan abakadabra! sepeda mendapat lompatan raksasa kedepan.

Sepeda Modern

Banyak sejarawan mencatat bahwa Pierra dan Ernest Michaux adalah penemu sepeda modern. Bapak anak ini mempunyai usaha pembuat kereta di Paris saat pertama kali merakit velocipede roda dua tahun 1867. Sepeda ini seperti seperti roda tiga, dengan pedal dipasang di roda depan.

Rancangannya sampai ke Amerika ketika Pierre Lallement salah satu pegawai Michaux yang juga mengklaim sebagai temuannya yang di bangun prototipenya tahun 1863 pergi ke Amerika. Dia mempatenkan sepeda pertama kali tahun 1866.

Velocipede (“fast foot”) juga terkenal dengan nama “boneshaker” karena terbuat dari rangka besi dan ban kayu beserta pelek besi.

Sepeda Roda Tinggi / High Wheeler / Penny Farthing

Tahun 1870 semua komponen sepeda berbahan logam, perbaikan performa dan daya tahan. Pedal masih di roda depan, tapi roda terbuat dari karet solid dan jari jari panjang di roda depan membuat agak lebih nyaman berkendara. Semakin besar roda semakin cepat jalannya, dan sepeda yang dipanggil Penny Farthing populer di Eropa dan Amerika tahun 1870an dan 1880an.

Bahaya dari desain ini adalah pengendara duduk sangat tinggi. Mekanisme rem hampir tidak berfungsi dan tidak ada cara untuk melambatkan jalannya sepeda ini. Dan bila roda depan berhenti tiba tiba karena ada benda nyangkut di jari jari, pengendara akan terlempar kedepan. Istilah “breakneck speed” berasal dari ini.

Safety Bike

Terobosan baru di tahun 1885 dengan kreasi John Kemp Starley balik ke awal sepeda, dimana pengendara duduk rendah dengan dua roda yang berukuran sama, dilengkapi dengan sepasang gir dan rantai dengan menggerakkan roda belakang. Ini desain “diamond frame” dasar yang masih digunakan sampai sekarang.

Saat desainnya dilengkapi dengan ban yang bisa dipompa, bersepeda menjadi lebih aman dan mengasyikkan. Tambahan, harga sepeda semakin menurun bersamaan dengan meningkatnya metode pabrikan.

Semua faktor ini menjadikan era keemasan bersepeda. Jumlah pengendara sepeda meningkat tajam di tahun 1880 an dan 1890 an dan terbentuk group seperti League of American Wheelman (League of American Bicyclist).

Sepeda Racing

Perlombaan sepeda balap pertama tercatat 31 Mei 1868 di Parc de Saint-Cloud, Paris

Of course, once people started building bikes, it didn’t take long for them to want to race each other. Dimenangkan oleh James Moore dari Inggris dengan sepeda kayu, roda besi dengan bearing yang membuatnya lebih cepat.

Lalu Olympic di Yunani tahun 1896. Tour de France perama di tahun 1903

Inovasi Teknologi Sepeda abad 20

Selama bertahun tahun desain sepeda, material, komponen dan proses pembuatan membaik menciptakan sepeda seperti sekarang, canggih dan efisien.

Sementara desain frame masih mirip mirip ratusan tahun lalu, penggunakan material seperti titanium, carbon fiber membuat sepeda jauh lebih ringan dan lebih kuat. Dan inovasi seperti shifter dan derailleurs  membuat pengendara dapat memilih gir untuk lebih cepat atau mendaki tanjakan

Jenis sepeda juga semakin banyak, seperti sepeda gunung, road bike, hybrid, cruiser, tandem, recumbent dan masih banyak lagi

Komentar ditutup.