Studi: Bersepeda Bikin Wanita Mudah Hamil

Posted: 7 April 2012 in Sepeda
Tag:, ,

REPUBLIKA.CO.ID,  DENMARK –  Anda ingin cepat hamil? Bersepeda mungkin bisa jadi jawabannya. Studi internasional terbaru menemukan bahwa berolahraga ringan seperti bersepeda, berjalan kaki bahkan berkebun berkaitan dengan keberhasilan lebih besar di kalangan perempuan yang berusaha hamil.

“Studi ini adalah yang pertama mendapati bahwa dampak dari kegiatan fisik pada kesuburan beragam berdasarkan indeks massa tubuh,” kata pemimpin peneliti Lauren Wise, ahli epidemiologi reproduksi di Boston University. Indeks massa tubuh (BMI) adalah rasio tinggi berbanding berat tubuh.

Beberapa peneliti di Amerika Serikat dan Denmark mengikuti perkembangan lebih dari 3.500 perempuan Denmark yang berusia 18 sampai 40 tahun yang berusaha hamil selama kurun waktu satu tahun untuk studi itu, yang disiarkan di jurnal Fertility and Sterility.

Semuanya melapor mereka memiliki hubungan yang stabil dengan pasangan pria mereka dan tak menerima perawatan kesuburan apa pun. Para peserta memperkirakan jumlah jam per pekan yang mereka habiskan untuk berolahraga dalam satu tahun belakangan, serta intensitas olah raga mereka. Selama studi tersebut, hampir 70 persen dari semua perempuan itu hamil.

Penelitian itu mendapati, sebanyak 18 persen perempuan yang berolahraga ringan lebih dari lima jam lebih mungkin untuk jadi hamil dibandingkan melakukannya selama kurang dari satu jam. Tak peduli berapa berat tubuh mereka.

Sebaliknya perempuan yang sangat kurus dan dengan berat tubuh normal yang melaporkan tingkat olah raga sangat aktif, seperti berlari atau aerobik, memerlukan waktu lebih lama untuk hamil, kata para peneliti itu.

Komentar ditutup.