BMW Perkenalkan Sepeda Lipat Hybrid i Pedelec

Posted: 17 Juni 2012 in Sepeda
Tag:, , ,

Metrotvnews.com: BMW semakin mengukuhkan komitmennya pada sistem mobilitas listrik masa depan dengan membuka ‘i Store’ pertamanya 25 Juli mendatang. Merayakan hal itu, BMW telah mengembangkan sepeda lipat bertenaga hybrid, pedal-electric yang dinamai i Pedelec.Sepeda ini tetap dapat digelindingkan saat terlipat dan memudahkan untuk dibawa ke dalam bus maupun kereta atau lift. BMW mengatakan dua sepeda lipat i Pedelec dapat dijejalkan dengan pas ke dalam ruang bagasi mobil BMW i3 EV nanti dan sekaligus melakukan pengisian baterai-baterainya.

Selain pedal kayuh, i Pedelec dibekali hub yang berisi motor dengan gigi, baterai performa tinggi dan rem cakram di roda depan dan belakangnya. Electric hub motor 24 volt-nya sendiri berada di roda belakang berukuran 16 inci yang memiliki semacam transmisi 3-speed.

Motor listrik ini hanya memberikan bantuan dorongan tenaga hingga kecepatan 25 km/jam. Lebih dari itu Anda harus mengayuh sendiri sepeda tersebut.

Motor listrik yang memiliki torsi sebesar 20 Nm ini juga dapat berfungsi sebagai generator untuk mengisi kembali baterainya ketika melakukan pengereman maupun saat meluncur di jalan menurun.

Baterai lithium-manganese yang diusungnya diklaim mampu menyajikan jarak tempuh antara 25 hingga 40 km dalam sekali pengisian, tergantung dengan kondisi penggunaannya.

Sementara jika baterai benar-benar kosong, pengisiannya memakan waktu empat jam dengan jaringan kelistrikan rumah maupun saat di-charge di bagasi BMW i3 EV. Tapi jika menggunakan quick charger, waktu pengisiannya bisa dipangkas menjadi 1,5 jam saja.

Sepeda ini memiliki bobot total kurang dari 20 kg berkat penggunaan material-material ringan namun kuat seperti aluminium dan rangka serat karbon.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s